Pesona Wisata Gresik – Wisata Alam

:-::Wisata Alam Gresik::-:

 

pesona wisata gresik - wisata alam

pesona wisata gresik – wisata alam

Gresik terletak pada dataran rendah. Di Gresik akan kita temui beberapa wisata alam pantai, karena kota Gresik terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan berdekatan dengan selat Jawa. Adapun pulau di luar Gresik yang termasuk dalam kabupaten Gresik adalah Pulau Bawean. Di daerah Bawean tersebut banyak juga pulau-pulau kecil yang indah mengintari Pulau Bawean. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi wisata-wisata alam di Gresik

:-::Telaga Ngipik / Giri Wana Tirta::-:

Telaga Ngipik terletak di Kawasan Industri Gresik. Di lokasi ini telah dikembangkan wisata air, pengunjungnya dapat menikmati keindahan panorama dengan menaiki perahu karet mengelilingi telaga. Selain itu pengunjung juga dapat memancing ikan di Giri Wana Tirta ini.

Daya tarik lainnya, telaga Ngipik digunakan juga sebagai tempat latihan ski air, bahkan pernah dijadikan ajang kejuaraan Daerah Ski Air Jawa Timur pada tahun 1999. Fasilitas lain yang tersedia adalah kafetaria dan panggung hiburan rakyat untuk menggelar dan menampilkan berbagai hiburan pada hari-hari tertentu.
Telaga Ngipik terletak sekitar 1,5 Km ke arah barat Alun-alun Kota Gresik.

:-::Pantai Delegan::-:

Pantai Delegan terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, sekitar 3 Km dari ibu kota kecamatan. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.
:-::Wisata Adenium::-:

Wisata Adenium terletak di desa Menganti. Di desa tersebut kita bisa menikmati berbagai macam Adenium. Selain menikmati berbagai jenis Adenium kita juga bisa mengoleksinya dengan membeli tanaman tersebut karena di sana juga terdapat banyak penjual adenium dan kita bisa leluasa memilih jenis atau motif Adenium yang paling kita sukai.

:-::Gambaran Sekilas Pulau Bawean::-:

Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Gresik dan terletak di sebelah utara wilayah Kota Gresik. Pulau Bawean berjarak 80 mil atau 120 km dari kota Gresik dan membutuhkan waktu 3 jam bila ditempuh dengan menggunakan kapal cepat atau 8 jam bila ditempuh menggunakan kapal biasa.

Secara geografis kepulauan Bawean terletak antara 112 45’ Bujur Timur dan 5 45’Lintang Selatan. Luas wilayah sebesar 196,27 Km. kepulauan Bawean terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Kecamatan Sankapura mempunyai luas 118.72 Km, dengan jumlah Desa 17, yaitu Desa Sawah Mulya, Desa Sengai teluk, Desa Patar Selamat, Desa Batu, Desa Bulu Lanjang, desa Lebak, Desa Pudakit Barat, Desa Pudakit Timur, Desa Kumalasa, Desa Suwari, Desa Dekat Agung, Desa Kota Kesuma, Desa Kebun Teluk Dalam, dan Desa Daun.

Sedangkan Kecamatan Tambak mempunyai luas 77.55 Km, dengan jumlah Desa 13, yaitu Desa Tambak, Desa Diponggo, Desa Kepuh Legundi, Desa Kepuh Teluk, Desa Pekalongan, Desa Klompang Gubuk, Desa Paromaan, Desa Gelam, Desa Teluk Jati, Desa Sokaoneng, Desa Sekalela, Desa Gerejeg, dan Desa Tanjung Ori.

Secara keseluruhan Pulau Bawean mempunyai panorawa wisata dengan ragam flora dan fauna aneka jenis dan warna serta pesona taman lautnya menghiasa pemandangan pulau ini.

:-::Air Panas Kebundaya::-:

Terletak di Desa Sawah Mulya Kecazmatan Sangkapura dan berada di tengah kota sekitar 200 m dari jalan raya sehingga sangat mudah untuk mencapai lokasi.

Daya tariknya adalah air panas kebundaya merupakan sumber air panas alam berkadar belerang yang berguna untuk terapi kebugaran. Tempat ini telah diberdayakan oleh masyarakat dengan membangun tempat mandi umum dan tempat berendam. Banyak orang dari berbagai daerah telah meyakini dan membuktikan bahwa mandi air panas di tempat ini dapat menyembuhkan penyakit rheumatik, penyakit kulit dan lain-lain.

:-::Air Panas Taubat::-:

Terletak di Desa Sungai Rujing sekitar pulau Selayar. Untuk menuju sumber air panas Taubat ini dari jalan raya +/- 2 Km. Dan kondisi jalannya lumayan bagus karena telah dibangun oleh masyarakat dan aparat setempat.

:-::Pantai Terosan::-:

Terletak di sebelah utara Pulau Selayar. Daya tarik untuk menuju tempat tersebut adalah indahnya panorama alam sepanjang jalan. Bisa ditempuh melalui laut dan darat.

Daya tariknya adalah sumber airnya sangat besar dan diyakini bisa menyembuhkan penyakit rheumatic dan penyakit kulit. Dengan keindahan yang dihiasi aneka tumbuhan dan semak-semak serta pohon nyiur, tidak jauh dari tempat itu tersedia pesanggrahan untuk beristirahat. Letaknya sekitar +/- 4 Km.

:-::Pulau Selayar::-:

Pulai ini merupakan gunung yang berada di tengah laut, terlepas dengan daratan Pulau Bawean. Daya tariknya adalah bila air laut surut, pelancong bisa berjalan kaki mengelilingi pulau tersebut sambil menikmati terjangan ombak kecil dan desiran angin laut. Sekeliling pulau di tengah laut ini penuh dengan pemandangan batu karang dan semak belukar. Dapat dicapai dengan transportasi laut maupun darat sejauh +/- 4.5 Km.

:-::Pulau Noko Selayar::-:

Pulau ini luasnya +/- 6.000 m2, di kelilingi oleh taman laut / bunga karang dan ikan hias aneka warna dengan pesona keindahan alam bawah laut yang tiada taranya. Banyak penyelam menyatakan bahwa pesona laut di pulau Noko Selayar ini sangat indah.

Untuk menuju pulau Noko Selayar ini bisa dijangkau dengan Speed Boot atau perahu motor sekitar 20 menit dari Pulau Bawean.

:-::Pulau Gili Timur::-:

Pulau ini merupakan bagian dari Pulau Bawean yang luasnya +/- 50.000 m2 berpenduduk sekitar +/- 800 jiwa. Daya tariknya , meskipun pulau ini dikelilingi laut tetapi terdapat sumber air tawar jernih dengan kandungan mineral tinggi yang konon dapat menjadikan awet muda bila mengkonsumsi setiap hari. Untuk menuju ke Pulau Gili ini bisa menyebrang dengan perahu motor sambil melihat pesona bunga karang aneka ragam.

:-::Pulau Noko Gili::-:

Terletak di tengah laut dan hanya merupakan daratan berpasir putih yang membentang +/- sepanjang 600m2 dengan lebar 25 m. Pulau tak berpenghuni ini dikelilingi aneka bunga karang dengan pesona taman laut yang elok.

:-::Air Terjun Laccar::-:

Terletak di Desa Teluk dalam +/- 15 Km dari Kota Sangkapura. Mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Tempatnya ditumbuhi aneka flora sangat indah, dan berhawa sejuk.

:-::Air Terjun Patar Selamat::-:

Terletak di Desa Patar Selamat Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini mempunyai ketinggian +/- 12 m. Tempatnya sangat indah serta disekitar lokasi tersebut banyak dijumpai kera dan ayam hutan berkeliaran.

:-::Kuburan Panjang::-:

Kuburan Panjang ini disebut juga makam kuno Doro Sembodo. Terletak di tepi laut Desa Lebak Kecamatan Sangkapura. Makam ini merupakan makam yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar karena disamping mempunyai kekuatan magis terpendam juga mengandung nilai histories tinggi.

Menurut cerita, Doro Semobodo ini adalah abdi setia Aji Saka yang merupakan tokoh utama legenda Babat Tanah Jawa. Peristiwa meninggalnya Doro dan Sembodo ini kemudian dikisahkan dalam Huruf Jawa (Ha, Na, Ca, Ra, Ka dst.). Para pelancong banyak berdatangan saat Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

:-::Pantai Mayangkara::-:

Terletak di Desa Kepuh Teluk Kecamatan tambak. Lokasinya berjarak 500 m dari jalan raya Sangkapura – Tambak sehingga sangat mudah dicapai. Menurut peneliti dari Belanda, Keindahan dan nuansa pantai ini setara dengan pantai Pataya di Bangkok – Thailand.

Jalan utama ke lokasi telah beraspal sepanjang pantai, pengunjung bisa menikmati pemandangan lepas pantai dengan panorama laut biru. Lokasi ini dikenal sebagai tempat pertemuan remaja melepas rindu. Selain indah, pantai ini mempunyai nilai histories tinggi karena istri Sunan Giri bernama Siti Zaenab menjadi orang pertama mendarat dan menemukan pantai ini dan di sini pula Siti Zaenab yang berambut panjang tersebut mengabdikan kesetiaannya kepada Sunan Giri.

:-::Danau Kastoba::-:

Untuk menikmati keindahan dan pesona danau ini dapat dicapai dengan berjalan kaki. Terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak di puncak ketinggian dan berada di tengah-tengah Pulau Putri Bawean. Dengan prasarana jalan setapak, merangkak naik melewati rimbunan pohon-pohon raksasa berumur ratusan tahun.

Merupakan kenyamanan tersendiri bagi para pecinta alam, selain itu di tempat ini terdapt spesies satwa langka, aneka serangga yang takkan mungkin sama jenisnya dengan serangga di pelosok negeri, sehingga lokasi ini mempunyai daya tarik luar biasa dan sulit dibandingkan dengan obyek wisata lainnya.

:-::Pasir Putih Sukaoneng::-:

Untuk menikmati keindahan dan pesona Pasir Putih Sukaoneng ini, dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar +/- 200 m dari jalan raya. Pesona wisata yang terletak di Desa Sukaoneng Kecamatan tambak ini memiliki keindahan alami pada tepi pantai, selain pasirnya berwarna putih, pantai ini kondisinya landai sehingga memungkinkan pelancong dapat berjalan santai sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih alami.

 

http://www.martechindo.com/alam.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>