Obyek Wisata Air Waduk Karangkates yang mempesona

Malang, Jawa Timur, Indonesia

Obyek Wisata Air Waduk Karangkates yang mempesona
Baru tau kalau waduk karangkates adalah waduk yg terbesar di pulau jawa. Dimana sekarang dijadikan obyek wisata

Taman Wisata Karangkates_Lahor terletak di Bendungan Sutami Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, yang dikelola oleh Unit Pariwisata Perum Jasa Tirta I. Lokasinya sangat strategis dilintasi jalan utama antara Malang dan Blitar.

Menurut sejarahnya bendungan ini mulai dioperasikan pada 2 Mei 1972. Air bendungan ini mengalir jauh sampai ke Surabaya, melewati kali Brantas yang mengular di Jawa Timur itu.

Pemandangan alam yang begitu indah bisa kita nikmati di bendungan Sutami. Sebuah kolam air raksasa di sebelah timur bendungan dalam bentangan barisan pegunungan… Oh Maha Indah ciptaan Ilahi…. Di sebelah barat tampak sebuah aliran sungai yang dialirkan dari bendungan melewati sebuah lembah bergunung-gunung. Tampak pula di sebelah barat tiga buah pipa bagian dari PLTA Sutami. Ada pula jalur kereta api yang melengkapi keindahan alam waduk Karangkates ini.

Semoga bermanfaat :
Obyek Wisata Air Waduk Karangkates yang mempesona

 

berikut foto foto yang saya dapatkan di waduk karang kateswaduk karangkates 2waduk karangkates 6

 

waduk karangkates pltu sutami

waduk karangkates pltu sutami

1 comment

  1. Pramono Tirtohamijoyo

    Mengingatkan saya tahun 1969– smp tahun 1978 saya ikut mengucurkan keringat membangun Bendungan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air dan ikut memelihara sampai tahun 1978, sebagai kepala bagian Operasi PLTA Karangkater waktu itu.
    Mudah2an karya anak bangsa ini dapat dijaga oleh para penerus bangsa ini sehingga terus dapat dimanfaatkan dan diberdayakan……
    Saya sedih penghijauan yang saya rintis menanami daerah hulu dulu kalau hancur ditebangi ditahun 1998.. sehingga sedimentasi waduk cepat bertambah.. karena erosi tanah masuk kedalam waduk yang menyebabkan pendangkalan
    ( Pramono )ex PLTA Karangkates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *