Hasil Quick Count Hitung Cepat Pilkada Pilgub Malut – Maluku Utara 2013

Hasil Quick Count Hitung Cepat Pilkada Pilgub Malut – Maluku Utara 2013

Pilkada Gubernur atau Pilgub Maluku Utara digelar pada 1 Juli 2013. Enam pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur bertarung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Maluku Utara. Lima pasangan dari partai politik, Abdul Gani Kasuba (Wakil Gubernur Maluku Utara)-Muhammad Natsir Thaib (mantan Asisten 3 Pemerintah Provinsi Maluku Utara) yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera, Republikan, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan dan Persatuan, dan Partai Peduli Rakyat Nasional.

Kemudian Namto Hui Roba (Bupati Halmahera Barat)-Ismail Arifin (mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Halmahera Barat) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Nasional, dan Barisan Nasional. Selanjutnya, Muhadjir Albar (mantan Sekda Maluku Utara)-Sahrin Hamid (anggota DPR dari Partai Amanat Nasional) yang diusung Demokrat, Partai Bulan Bintang dan Partai Amanat Nasional.

Dua pasangan lainnya, Ahmad Hidayat Mus (Bupati Sula)-Hasan Doa (mantan Bupati Halmahera Tengah) yang diusung Golkar, Hanura, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Karya Peduli Bangsa. Kemudian Syamsir Andili (mantan Wali Kota Ternate)-Benny Laos (pengusaha) yang diusung Partai Gerindra serta 17 parpol nonparlemen. Adapun jalur independen, Hein Namotemo (Bupati Halmahera Utara)-Malik Ibrahim (mantan Kepala Dinas Tata Kota Ternate).

Hasil Quick Count Pilkada Malut – Maluku Utara 2013 :

1. Namto H Roba – Ismail Arifin : 12,53 persen suara
2. Muhajir Albaar – Sahrin Hamid : 10,13 persen suara
3. Ahmad Hidayat Mus – Hasan Doa : 26,29 persen suara
4. Syamsir Andily – Beny Laos : 15,25 persen suara
5. Abd Gani Kasuba – Natsir Thaib : 20,46 persen suara
6. Hein Namotemo – Malik Ibrahim : 14,84 persen suara


#Hasil Quick Count Pilkada Malut – Maluku Utara 2013 sementara masih menunggu update pada waktunya. Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 818.410 pemilih.

Abd Gani Kasuba – Natsir Thaib memiliki popularitas dan elektabilitas yang seimbang berdasarkan survei terbaru … Untuk memastikan kemenangannya kita masih menunggu keputusan KPU

Sedangkan jika pemilihan dilakukan 1 Juli 2013, maka kelima pasangan Cagub-Cawagub yang diusung oleh Partai Politik masih memiliki peluang yang sama. Namun, jika melihat pergerakan popularitas dan elektabilitas, pasangan MS lebih unggul dari pasangan lain, sehingga dengan waktu kurang lebih 2 bulan kedepan, pasangan MS bisa dipastikan memenangkan pilgub Maluku utara 1 putaran saja.

Adapun yang menjadi populasi dalam survei ini, yakni seluruh warga yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum. IDM hanya menetapkan 5.000 orang sebagai sampel, tetapi yang berhasil dianalisa hanya 4947 sample. Pemilihan sample menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari 240 kelurahan atau desa dan 720 Rukun Tetangga (RT) yang terdistribusi secara proporsional di 9 kabupaten atau kota.

Hasil Quick Count Pilgub maluku utara
Hasil Quick Count Hitung Cepat Pilkada Pilgub Malut – Maluku Utara 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>